Membuat Apk Pertama Kali

Setelah melakukan pembayaran dan menrima email dari Titik Digital yang berisi username dan password (akun) akses Androjex, saatnya mulai membuat aplikasi. Sebelum memulai, sebaiknya siapkan dulu konsep dasar (semacam mind mapping) untuk membuat aplikasi, baik nama apk, kegunaan apk, fitur apk, dan lain-lain. Setelah konsep selesai dibuat, baru menuju ke TKP.

Akses Androjex DI SINI. Di halaman yang terbuka, silakan login menggunakan email dan password yang diterima dari email Titik Digital.

Di halaman Editor Androjex, pada kolom MY APPLICATIONS klik Create a new application, isi nama aplikasi yang mau dibuat, akhiri dengan menekan button Create. 

Setelah menakan button Cerate, Anda akan diarahkan ke halaman Subscription. Klik pada radio button sesuai dengan jenis paket Anda dan klik Save.

Anda akan dirahkan ke halaman Successadd. Selanjutnya, klik pada pilihan Click here untuk kembali ke halaman Editor.

Setelah selesai memberi judul apk, selanjutnya klik Manage untuk mulai mendesain aplikasi, seperti pemilihan template, layout, dan module/fitur yang digunakan di dalam aplikasi berdasarkan konsep yang telah Anda siapkan.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman pemilihan Template. Pilih template yang sesuai dan pada notifikasi yang muncul saat pemilihan template, pilih OK.

Jangan lupa memlih Layout pada. Lazimnya, Layout mengikuti Template.

Mulailah berkreasi menggunakan semua fitur yang diseakan Androjex.

 

Note:

Semua yang dijelaskan di bawah ini berada di menu Design Editor Androjex.

Jangan pernah menghapus aplikasi yang sudah dibuat karena tidak dapat dikembalikan. Selain itu, kuota aplikasi tetap akan berkurang.

Untuk menampilkan halaman di bagian depan (homepage), gunakan template B & B, Lawyer, NYC, Publisher, Road, dan University. Di template-template tersebut terdapat pilihan “Visible from all page“, tepatnya di menu Design. Centang pilihan tersebut dan klik Save. Meskipun terdapat pilihan “Display the homepage slider” dan kita mencentang kedua pilihan tersebut, yang akan muncul hanyalah fitur “visble from all page“. Dengan demikian, kita hanya diperbolehkan untuk memakai salah satunya.

Untuk menampilkan slider (slide show), gunakan template yang sama (di atas) dengan catatan, fitur “visble from all page” tidak boleh dicentang. Selain template di atas, template yang mempunyai fitur slider adalah Red & Co, Bluetility, Colors, Accessories, Beauty Center, Big Company, Club, Corporate, Fitness, Florist, Paris, Real Estate One, Soccer, dan Surgery. Untuk mengaktifkan slider, centang pilihan “Display the homepage slider”  pada menu Design, tepatnya pada pilihan Homepage Options.

Tambahkan gambar pada pilihan Homepage slider option, klik button Add Pictures.

Selanjutnya, Anda perlu mengatur slider, diantaranya kecepatanan perpindahan gambar antara gambar yang satu dengan gambar yang lain, jarak bagian atas gambar dengan header, tingkat kejelasan gambar, dan tinggi gambar.

Loop over image: gambar akan terus berganti meskipun sampai gambar terakhir. Dengan kata lain, slide akan terus berpindah.

Slideshow Duration: waktu pindah gambar.

Top Position: mengatur jarak antara gambar dengan header.

Image Opacity: mengatur tingkat kecerahan gambar. Semakin rendah nilainya, semakin kabur (transparan) gambarnya.

Image Height: mengatur tinggi gambar. Jika ada mengubah tinggi gambar setelah gambar ditambahkan, maka gambar akan terhapus dan Anda harus menambahkan ulang gambar.

Untuk menghapus gambar klik pada tanda X yang ada di gambar dan jika ingin mengubah urutan gambar, klik tahan pada tanda <-> dan geser ke urutan sesuai yang Anda inginkan.

Untuk mengubah gambar background, scroll ke kolom UNIFIED HOMEPAGE dan pilih Change your homepage. Gunakan gambar berukuran 2732 x 2732px (harus). Jika Anda menginginkan gambar yang Anda tambahkan diterapkan pada semua halaman, centang pilihan “Use the homepage image as background in all features”.

Untuk mengubah Mata Uang dan Lokasi, masuk ke kolom LOCALIZATION SETTINGS dan pilih Indonesia/IDR.

Anda juga dapat mengubah jenis huruf yang akan dipakai pada aplikasi Anda dengan meilih huruf yang tersedia. Jika huruf kesukaan Anda tidak terdapat dalam daftar, Anda dapat mencarinya di Google Font. Contoh URL font dari Google Font adalah https://fonts.googleapis.com/css?family=Ewert. Silakan kopi URL font kesukaan Anda dan tempatkan di kolom Custome Font. Jangan lupa klik Save atau Reset font! jika ingin mengganti.

 

Demikian pengenalan menu Design. Selamat mencoba!

ADD YOUR COMMENT